5 Alasan Pemerintah Menerbitkan Kartu Prakerja

Alasan Pemerintah Menerbitkan Kartu PrakerjaKartu prakerja merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Program ini memberikan kesempatan untuk menambah skill bagi lulusan baru atau karyawan yang terkena pemutusan kerja.

Namun, apa sih sebenarnya alasan pemerintah menggratiskan kelas prakerja? Memang kondisi SDM Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan? Daripada penasaran, yuk simak alasan pemerintah menerbitkan kartu prakerja!

Jumlah Penduduk Usia Produktif Tinggi

Usia produktif adalah usia yang berkisar 15-64 tahun, usia yang dianggap telah optimal untuk bekerja. Saat ini, penduduk dengan usia produktif di Indonesia mencapai 185,34 juta jiwa. Jumlahnya sangat banyak mengingat total penduduk di Indonesia sebanyak 269 juta jiwa.

Ini adalah salah satu alasan mengapa dibentuknya kelas prakerja. Pemerintah ingin penduduk usia produktif memiliki kompetensi yang layak sehingga bisa bersaing dalam kompetisi global.

Menekan Angka Pengangguran

Saat ini, ada sekitar 7 juta jiwa menganggur. Penyebab angka pengangguran tinggi karena penduduk tidak memiliki akses untuk mengembangkan skill serta biaya pelatihan kerja tergolong mahal.

Maka dari itu, kartu prakerja memungkinkan peserta untuk mengikuti pelatihan kerja secara gratis. Beberapa kelas prakerja bahkan memberikan bonus untuk peserta seperti kelas tambahan, voucher kelas, dan lain sebagainya.

Revolusi Industri 4.0

Indonesia telah memasuki industri ekonomi 4.0, ditandai oleh kemajuan teknologi yang memudahkan pekerjaan manusia. Meskipun begitu, Indonesia termasuk terlambat jika dibandingkan negara maju. Oleh karena itu, pemerintah menerbitkan kartu prakerja agar dapat mengejar ketertinggalan Indonesia dalam persaingan global.

Mempersiapkan SDM yang Mampu Bersaing

Jumlah penduduk dengan usia produktif memang banyak, namun sayang belum semua SDM bisa bersaing dalam persaingan global. Nah, pemerintah menerbitkan kartu prakerja supaya bisa mengembangkan kompetensi SDM Indonesia.

Salah satu kompetensi yang diperlukan adalah bahasa Inggris. Saat ini bahasa Inggris adalah bahasa internasional sekaligus bahasa bisnis. Jadi, saat ini kemampuan berbahasa Inggris merupakan hal yang wajib untuk dimiliki.

Ada beberapa kelas prakerja yang bisa mempercakap kemampuan bahasa Inggrismu. Bahkan ada kelas yang kurikulumnya sesuai dengan profesimu. Jadi yang kamu pelajari bisa kamu terapkan di pekerjaanmu. Makanya, kelas prakerja bahasa jangan sampai nggak diambil ya!

Menuju Indonesia Emas 2045

Cita-cita negara Indonesia adalah menjadi negara maju pada tahun 2045. Negara maju adalah negara yang memiliki SDM berkualitas, baik dari segi pendidikan atau kompetensi. Untuk itu lah kartu prakerja diterbitkan sehingga pemerintah dapat mengembangkan SDM.

Tentunya pemerintah nggak bisa kerja sendiri untuk mencapai cita-cita itu, perlu ada dukungan dari masyarakat juga lho. Caranya gampang kok, kamu hanya perlu memaksimalkan fasilitas kartu prakerja dengan mengambil kelas prakerja yang bisa memberikan dampak positif bagi masa depan karirmu. Pastikan kamu #MakinCakap bekerja dengan Kartu Prakerja!