6 Tips Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

6 Tips Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

Anak-anak memang terkadang susah untuk mengonsumsi sayur. Namun, sebagai orang tua sebaiknya tidak memaksakan anak karena hal ini justru akan membuat anak membenci sayur. Terkadang anak juga berpikir bahwa sayur adalah makanan yang tidak enak. Berikut ini tips mengatasi anak susah makan sayur yang bisa Anda terapkan di rumah.

  1. Tawarkan Semua Jenis Sayur

Saat pertama kali mencoba sayuran tertentu mungkin anak akan merasa aneh dan memuntahkannya apabila anak tidak menyukai rasanya. Namun, jangan menyerah jika tidak bisa membuat anak makan sayur dalam beberapa kesempatan. Anda bisa menawarkan beragam sayuran agar anak lebih banyak mengenal jenis dan rasa sayuran sampai Anda tahu apa yang disukai anak Anda.

  1. Sajikan Sayur yang Disukai Anak

Sebagai orang tua, Anda harus cermat  dalam memilih makanan kesukaan anak. Anak pasti memiliki sayuran favorit yang paling ia sukai. Namun, Anda juga harus tetap menawarkan berbagai macam sayuran dengan memberinya kesempatan untuk memilih sayur yang ia sukai.

Anda juga bisa menyajikan olahan sayuran secara bergantian setiap hari agar anak tidak bosan. Perhatikan respon dan reaksinya terhadap sayuran yang Anda masak. Anda bisa mencari berbagai resep olahan sayuran agar anak tidak bosan.

  1. Kreasi Penyajian

Anak-anak terkadang terlalu bawel dalam memilih makanan dan tampilan makanan. Maka dari itu, Anda harus kreatif dalam penyajian olahan sayur untuk buah hati. Anda bisa menyajikan makanan sayuran dengan tempat makan lucu. Jangan memaksa anak dengan ancaman atau membuat makanan sayur sebagai hukuman, ini akan membuat anak enggan makan sayur.

  1. Ajak Anak Berpartisipasi

Agar anak menyukai sayur. Anda bisa mengajaknya berpartisipasi dalam mengolah menu makanannya sendiri. Tanyakan kepada anak apa yang ingin mereka makan kemudian ajak anak berbelanja untuk memilih sayurannya sendiri. Ajarkan anak memilih sayuran yang bagus dan segar.

Jika sudah mengajaknya berbelanja, ajak anak untuk melihat dan membantu Anda di dapur saat menyiapkan sayuran untuk menu makanannya. Cara ini bisa dilakukan untuk menumbuhkan antusiasme anak agar mencoba pilihannya sendiri.

  1. Jadi Teladan Si Kecil

Pastikan Anda juga menyukai sayuran agar anak Anda juga suka sayuran. Anda bisa menjadi panutan yang baik bagi anak-anak. Tunjukan bahwa sayuran adalah makan sehat dan enak. Buatlah menu yang menggugah selera supaya sayur lebih terlihat menggoda. Anda bisa menambahkan wortel, jagung dan potongan tomat agar sayur lebih berwarna cerah.

  1. Jangan Memaksa

Jangan pernah memaksa anak makan sayur, yakinkan anak agar dia mau makan sayur dan tidak ada hukuman jika mereka sesekali tidak makan sayur. Memaksa anak hanya akan membuatnya semakin membenci sayuran.

Mengajak anak makan sayuran memang terkadang menyusahkan karena anak rewel dan terlalu memilih makanan. Namun, tidak ada salahnya  6 tips mengatasi anak susah makan sayur di atas bisa Anda coba. Pastikan Anda tidak memaksa anak untuk makan sayur agar anak tidak membenci sayuran.