Cara Mencegah Alergi Pada Anak

Cara Mencegah Alergi Pada Anak

Alergi merupakan reaksi hipersensitivitas yang diakibatkan gangguan sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini tidak menular tapi bisa diturunkan. Selain itu alergi tidak bisa diobati, hanya bisa menghindari pencetus alergi. Anak-anak juga memiliki risiko terkena alergi, terutama alergi makanan. Adanya riwayat anggota keluarga yang memiliki alergi, risiko menurunkan ke anaknya akan lebih besar. namun menurut ikatan dokter anak indonesia, ada beberapa cara mencegah alergi pada anak antara lain:

Memberikan ASI Ekslusif Selama 6 Bulan

ASI merupakan makanan utama bayi yang memiliki sejuta manfaat. Tidak hanya bermanfaat untuk bayi, tapi juga bermanfaat untuk ibu. ASI mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak. WHO dan IDAI menyarankan pemberian asi ekslusif selama 6 bulan. dalam waktu 6 bulan, bayi hanya perlu diberi asi saja. tidak perlu ditambah makanan lainnya. dengan pemberian asi ekslusif ini bisa menurunkan risiko terkena alergi pada anak.

Asi mengandung imunomodulator dan laktoferin, yang bisa menjaga keseimbangan koloni bakteri dalam usus. Sehingga bisa menghambat timbulnya alergi karena makanan. Selain itu sistem imunitas bayi juga semakin kuat. Bahkan berbeda dengan bayi yang hanya diberi susu formula.

Berikan Mpasi Saat Bayi Berusia 6 Bulan

Setelah diberikan asi esklusif selama 6 bulan. bayi harus diberi makanan padat. karena asi saja sudah tidak mencukupi kebutuhan gizinya. Dengan memberikan mpasi di waktu yang tepat, bisa mencegah alergi pada anak. Jika anda ingin memberikan mpasi kurang dari 6 bulan. sebaiknya konsultasi ke dokter anak terlebih dahulu. Berikan mpasi yang sehat dan memenuhi kecukupan gizinya. Harus mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu harus memenuhi nutrisi mikronutrien lainnya. jangan batasi memberikan makanan tertentu saja, sehingga risiko alergi semakin rendah.

Hindari Asap Rokok

Bagi sebagian orang mungkin hal ini tidak penting. Tapi paparan asap rokok bisa membahayakan bayi anda. bahkan bisa meningkatkan risiko terkena alergi. Lingkungan bersih dan bebas rokok, akan mencegah alergi. Paparan asap rokok terus menerus, tidak hanya meningkatkan risiko alergi. Tapi juga membuat pernapasan terganggu. buat orang tua yang merokok dan memiliki anak kecil. Sebaiknya berhenti demi kesehatan anak anda.

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk mencegah terjadinya alergi. Anda hanya bisa meminimalisirnya. Selalu pahami tanda-tanda yang muncul pada anak. Sehingga anda bisa mendeteksi sedini mungkin. untuk pemberian makanan padat pertama kali, jangan takut untuk memberikan makanan yang memiliki risiko alergi. Seperti udang, telur atau makanan seafood lainnya. kemudian perhatikan gejala yang muncul. Bila timbul gejala, berarti anak alergi atau hanya intolerans saja. itulah beberapa cara mencegah alergi pada anak. Semoga memberikan informasi bermanfaat.