Mengenal Apa Itu Warehouse Management

Mengenal Apa Itu Warehouse ManagementWarehouse management merupakan proses aktivitas dalam pengelolaan gudang yang berhubungan dengan penyimpanan barang sementara. Semua proses yang berhubungan dengan warehouse akan dicatat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu sangat penting melakukan warehouse management dengan tepat.

Aktivitas Warehouse Management

Warehouse sendiri bisa diartikan sebagai gudang yaitu tempat untuk menyimpan barang-barang yang dibutuhkan dalam proses perdagangan suatu bisnis baik itu bahan baku ataupun bahan jadi. Beberapa kegiatan penyimpanan barang ini terbagi menjadi penerimaan bahan baku atau barang dari pemasok, handling barang dan pengeluaran barang ke tujuan lokasi produksi. Kegiatan warehouse management terdiri dari beberapa aktivitas yaitu :

  1. Kegiatan administrasi

Kegiatan administrasi ini diperlukan dalam kegiatan pengeluaran dan pemasukan dana yang harus diatur secara tepat untuk mendukung proses berjalannya perusahaan. Proses administrasi ini bertujuan untuk mencatat seluruh proses yang berkaitan dengan bisnis termasuk penyimpanan barang untuk memudahkan perusahaan dalam melakukan produksi barang secara efisien.

  1. Penerimaan barang

Aktivitas penerimaan barang haruslah diatur sepenuhnya oleh warehouse management dan dicatat dengan benar untuk melihat seberapa besar dana dan barang yang didapatkan atau diterima oleh perusahaan.

  1. Penyimpanan barang

Barang yang masuk dan akan disimpan ke dalam warehouse haruslah disimpan dengan perlakuan khusus tergantung jenis barang yang disimpna misalnya seperti barang-barang yang fresh seperti sayuran maka harus diperhatikan suhu ruangan dan juga kebersihan ruangan serta cara penyimpanan.

Barang pecah belah yang harus disimpan dengan lebih ekstra mulai dari bubble wrap, sterofoam, hingga packing kayu. Cara penyimpanan barang sebaiknya disesuaikan dengan jenis barang agar menghindari risiko kerusakan dan barang tetap aman.

  1. Packing barang ke tempat yang dituju

Packing barang dilakukan untuk memastikan bahwa kondisi barang dalam keadaan baik sebelum dikirim dan dapat diterima konsumen dengan kondisi yang baik seperti saat dikirim sehingga kepercayaan konsumen dapat tetap terjaga.

  1. Pengeluaran barang

Selain penerimaan dan penyimpanan barang, pengeluaran barang juga harus dicatat dengan rapi agar barang-barang dapat keluar masuk dengan tertib dan rapi serta memudahkan perhitungan stok barang.

Pelaksanaan beberapa kegiatan di atas diatur oleh warehouse management yang biasanya terbagi menjadi sub bagian tugas agar lebih mudah melakukan pengendalian operasional. Dengan kata lain warehouse management dapat memberikan keuntungan dalam penerapan warehouse sehingga seluruh bagian supply chain management dapat diterapkan dengan baik.

Jasa Warehouse Management Terpercaya

Haistar merupakan sebuah perusahaan penyedia solusi e-logistics untuk membantu para pemilik bisnis meningkatkan dan mengembangkan bisnis mereka dengan berbagai layanan yang tersedia salah satunya yaitu sistem pengelolaan gudang atau warehouse management. Sistem pengelolaan gudang Haistar meliputi keseluruhan proses inbound, outbound, pengawasan dan pelaporan stok, pengawasan dan pelaporan order, serta penyimpanan produk.