Usia Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas? Inilah Tahapannya

Usia Berapa Bayi Bisa Melihat dengan Jelas? Inilah Tahapannya

Ketika bayi lahir ke dunia, Anda pasti sudah tak sabar melihat perkembangan si buah hati. Tak seperti indera pendengaran si Kecil yang perkembangannya terbilang cukup sempurna pada 1 bulan pertama, perkembangan indera penglihatannya terjadi secara bertahap dan perlahan. Lantas sebenarnya di usia berapa bayi bisa melihat dengan jelas?  Simak tahapan-tahapannya berikut ini.

Bayi Baru Dilahirkan – 1 Bulan

Bayi baru lahir belum dapat melihat suatu objek yang jauh. Ia baru dapat melihat objek yang berjarak 20 hingga 40 cm dari penglihatannya. Bola mata si Kecil juga belum dapat fokus secara bersamaan. Ketika Anda memperlihatkan sesuatu yang bergerak di hadapannya, bola mata bayi belum dapat mengikuti gerakan benda secara bersamaan. 

Bayi Usia 2 – 4 Bulan

Bayi Anda sudah dapat melihat jelas perbedaan dari warna, dan ia cenderung lebih menyukai warna primer seperti biru, merah atau kuning. Anda dapat memberikan mainan yang memiliki warna terang dan mencolok yang bisa menarik perhatian si Kecil. Ketika buah hati Anda menginjak usia 4 bulan, ia sudah dapat memperkirakan jarak. 

Bayi Usia 5 Bulan

Pada usia ini, si Kecil sudah mampu mengenali benda-benda bergerak serta objek berukuran kecil dengan cukup baik. Begitu pula dengan pemahaman warnanya, ia sudah dapat membedakan warna-warna lembut dan warna-warna pastel.

Bayi Usia 8 Bulan

Di usia berapa bayi bisa melihat dengan jelas? Ketika si Kecil menginjak umur 8 bulan, penglihatannya sudah dapat dikatakan mendekati sempurna hampir sama dengan penglihatan orang dewasa. Di usia ini buah hati Anda juga mampu melihat benda yang berjarak cukup jauh, meskipun tidak sebaik penglihatan jarak dekatnya.

Bayi Usia 12 Bulan

Di usia inilah si Kecil akhirnya sudah dapat melihat sesuatu dengan jelas. Dirinya sudah mampu mengenali orang yang dikenalnya bahkan dari jarak jauh sekalipun. Bayi sudah dapat melihat benda dari jarak dekat maupun jauh dengan baik.

Si Kecil juga sudah dapat mengenali seluruh jenis warna dan mampu meraih benda yang memiliki warna-warna favoritnya dengan tangannya sendiri.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Cek Kesehatan Mata si Kecil?

Untuk menghindari risiko gangguan penglihatan, Anda dan pasangan perlu untuk memeriksakan mata anak sejak ia dilahirkan. Setelah itu Anda dapat kembali memeriksakan setelah bayi berada di rentang usia 6 bulan hingga 1 tahun.

Ketika si Kecil sudah beranjak dewasa antara usia 3 hingga 3,5 tahun, Anda dapat kembali membawanya untuk menjalani pemeriksaan mata lanjutan serta tes ketajaman mata guna melihat bagaimana kondisi indera penglihatannya.

Setelah ia sudah menginjak usia 5 hingga 6 tahun, bawa sekali lagi anak Anda ke dokter mata guna melihat bagaimana perkembangan matanya. Jika sudah melewati usia ini, pemeriksaan mata selanjutnya dapat dilakukan rutin hingga nanti anak Anda memasuki usia sekolah.

Itulah tahapan usia berapa bayi bisa melihat dengan jelas. Semoga bermanfaat.